PEMBUKAAN IHT TAHAP 1 PSP SMAN 1 CEMPAGA TAHUN 2022

CEMPAGA - Kegiatan pembukaan In House Training (IHT) Tahap 1 Program Sekolah Penggerak dalam kegiatan implementasi kurikulum merdeka yang mengangkat tema " Merdeka Belajar Ciptakan SDM Unggul" yang dilaksanakan selama 3 hari untuk tahap ini di aula SMAN 1 Cempaga (Rabu, 22 Juni 2022).

SMAN 1 Cempaga menjadi salah satu sekolah yang lulus dalam Program Sekolah Penggerak Angkatan 2 yang dinyatakan pada bulan Februari lalu. Setelah tim komite pembelajaran sekolah yang terdiri dari pengawas pembina, kepala sekolah, dan 4 guru mapel melakukan pelatihan kurang lebih selama 1 bulan dimulai dari tanggal 10 Mei s.d 13 Juni 2022 telah selesai melaksanakan pelatihan, aksi nyata segera dilakukan untuk dapat mendesiminasi rekan-rekan guru dan tenaga kependidikan dalam satuan pendidikan ini.

IHT tahap 1 ini dilaksanakan mulai Rabu s.d Jum'at, 22 Juni - 24 Juni 2022 dengan berbagai agenda yang dilaksanakan sesuai dengan jadwal kegiatan yang telah dirancang dan sesuai dengan pedoman IHT PSP Angkatan 2. Dalam pembukaan tahap 1 ini dihadiri oleh Bapak Drs. Suryani selaku pengawas pembina SMAN 1 Cempaga, Bapak Sudirman selaku ketua komite, dan Bapak Kepala SD dan SMP PSP Se- Kecamatan Cempaga. Kegiatan ini diikuti oleh semua GTK Sman 1 Cempaga untuk mendapatkan informasi terkait dengan implementasi kurikulum merdeka.

Kepala SMAN 1 Cempaga, Muhamad Toyep, M.Pd. dan Ketua komite, Sudirman, berpesan agar bapak/ibu GTK dapat mengikuti seluruh kegiatan IHT ini dengan baik dan lancar agar nanti dapat mengimplementasi kurikulum merdeka ini dengan baik kepada anak didik di satuan pendidikan ini. Dunia yang semakin berkembang dan kita sebagai pendidik harus terus semangat dalam mengembangkan kemampuan dan menyediakan diri untuk selalu mengikuti perubahan-perubahan yang terjadi.

Bapak Drs. Suryani, menyampaikan bahwa kita sebagai transformasi pendidikan harus bergerak, karena dengan kita bergerak maka anak didik kita juga akan bergerak mengikuti perkembangan-perkembangan yang semakin maju dengan IPTEK. Mengajar anak didik haruslah sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zamannya. Kita sebagai pendidik harus dinamis mengikuti perubahan ini agar pembelajaran sesuai dengan karakteristik anak didik dan kodratnya sehingga kita dapat menuntun mereka. 

Capaian dari kegiatan IHT ini adalah peserta memahami Program Sekolah Penggerak, Kurikulum Merdeka, Profil Pelajar Pancasila dan implikasinya dalam pembelajaran sesuai dengan perannya masing-masing. 

Penulis Berita : Lusiana Kristianti Samosir P, S.Pd.