SMAN 1 Cempaga SIAP IKM! "Merdeka Belajar Ciptakan SDM Unggul".

CEMPAGA - Siap IKM Tahap 1 yang dilaksanakan di satuan pendidikan SMAN 1 Cempaga telah berlangsung selama tiga hari (Rabu s.d Jumat - 22 s.d 24 Juni 2022). 

Untuk memulihkan pembelajaran paska pandemi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) meluncurkan Merdeka Belajar Episode 15: Kurikulum Merdeka dan Platform Merdeka Mengajar sebagai perwujudan dari Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 56/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran.

Kurikulum merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam dimana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. 

Desiminasi IKM dilaksanakan dalam Program Sekolah Penggerak berupa pelatihan dan pendampingan yang mencakup tentang pembelajaran, perencanaan berbasis data, dan digitalisasi sekolah. Fasilitator dalam kegiatan ini dilakukan oleh Komite Pembelajaran SMAN 1 Cempaga, yang terdiri dari pengawas pembina sekaligus pelatih ahli PSP angkatan 2 Bapak Drs. Suriyani., Bapak Kepala Sekolah Muhamad Toyep, M.Pd., 4 guru mapel yaitu Bapak Suhardi, S.Pd.,M.M., Ibu Herliani, S.Pd., Ibu Lusiana Kristianti Samosir P, S.Pd., Ibu Citra Pitriani, S.Pd., dan 1 guru BK Junaidi, S.Pd serta didampingin oleh Bapak Drs. Jainudin, M.Pd selaku Pelatih Ahli PSP SMA. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh GTK SMAN 1 Cempaga. 

Tujuan IHT IKM "Merdeka Belajar Ciptakan SDM Unggul" ini adalah:

1. Memahami, menganalisis, dan menyusun kerangka KOS antara lain: visi, misi, tujuan satuan pendidikan, menurunkan capaian pembelajaran menjadi tujuan pembelaharan dan alur tujuan pembelajaran, menyusun perangkat ajar (modul ajar dan yang lainnya), serta pengorganisasian pembelajaran.

2. Memahami perencanaan proyek penguatan profil pelajar pancasila (P5) dan memodifikasi contoh modul P5.

3. Memahami prinsip, tujuan, dan metode dari perencanaan berbasis data yang digunakan untuk merencanakan program di satuan pendidikan.

4. Mengetahui kegunaan dan perkembangan platform teknologi prioritas yang mendukung implementasi kurikulum merdeka.

Produk dari kegiatan IHT ini berupa Kesepakatan kelas, Hasil Analisis CP, TP, ATP, Modul Ajar, dan P5 dalam bentuk LK, dan Hasil refleksi serta rencana aksi nyata peserta.

Semoga kegiatan IHT bermanfaat bagi peningkatan kualitas pembelajaran di Sekolah Penggerak dan pada akhirnya dapat meningkatkan mutu pendidikan secara nasional.

Penulis Berita: Lusiana Kristianti Samosir P, S.Pd.